Roti Tawar Goreng isi

Bismillah

Semakin bertambah besar Kak Shofi udah bisa minta makan tanpa saya yang menawarkan makanan duluan. Ia bisa menyebutkan apa yang ingin dimakan meski tidak spesifik. Namanya anak-anak yang biasanya tidak suka makan nasi, camilan adalah salah satu penyeimbang nutrisi menurut saya. Tentunya camilan yang sehat. Pagi menjelang siang atau di sore hari adalah waktunya kak Shofi dapat camilan, entah itu kue, puding atau buah-buahan. Jadi saya harus punya stok camilan, meski gak setiap hari.

Pagi hari tadi saya cek stok camilan di dapur dan hanya ada roti tawar, meses dan mentega. Kalau cuma bikin roti bakar, sudah terlalu sering. Kak Shofi pasti bosan kalau hanya di kasi roti bakar aja. Saat bibi yang bantuin saya dirumah datang itulah kesempatan saya bisa keluar membeli keperluan harian. Adek bayi bisa di tinggal, dan kak shofi saya bawa.

Lalu pergilah saya dan kak shofi ke mini market. Membeli keperluan harian yang habis, juga beberapa bahan untuk membuat kue. Dari rumah sudah saya catat apa aja yang mau saya beli. Teringat beberapa hari yang lalu saat buka beranda facebook lewatlah resep membuat donat dari roti tawar yang mudah dibuat. Tidak perlu banting-banting adonan. Pas! Cocok buat emak-emak kayak saya sukanya yang praktis-praktis aja. Ya harap maklum, anak saya dua masih kecil-kecil masa pas lagi asik-asik bikin adonan kue tetiba si kakak menjerit minta cebok dan si adek nangis mau nyusu kan jadi gimanaa gitu. Mending cari aman aja.

Di dapur juga sudah ada roti tawar dan meses, jadi saya hanya membeli beberapa bahan saja seperti susu UHT full cream, keju slices, selai blueberry, dan oreo. Selebihnya saya membeli keperluan harian yang sedang habis di rumah.

Sepulangnya ke rumah saya mulai mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat roti tawar goreng isi. Saya mulai memotong roti tawar tanpa pinggiran yang semula berbentuk persegi empat dan saya potong menjadi segi tiga. Lalu keju slice juga saya perlakukan sama sama seperti ketika memotong roti tawar menjadi bentuk segitiga. Kemudian Oreo saya masukkan ke dalam plastik bening dan saya hancurkan dengan ulekan batu hingga oreo berbentuk butiran kasar. Saya juga menyiapkan telur dua buah dan mencampurnya dengan susu UHT full cream ukuran 125 ml kemudian saya kocok.

Setelah siap semua, saya susun 2 tangkup roti tawar dan di isi dengan berbagai macam varian rasa. Ada isian coklat mesis dan keju slice, blueberry dan keju slice dan isiannya blueberry aja. Setelah diisi, 2 tangkup pinggiran roti tawar itu saya tekan-tekan dengan garpu sehingga menyatu. Setelah selesai masing-masing roti di isi dengan isian yang diinginkan, saya panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup untuk menggoreng. Kemudian roti tawar dengan isian bisa langsung dicemplungkan ke dalam minyak goreng yang sudah panas, setelah sebelumnya dicelupkan terlebih dahulu ke dalam kocokan telur dan susu UHT. Goreng roti tawar hingga kulitnya berwarna kuning keemasan kemudian angkat dan ditiriskan. Sebagai pemanis di atas roti tawar goreng isi saya oleskan susu kental manis sedikit dan taburan oreo yang saya tumbuk kasar.


Tampilannya sederhana malah terkesan kurang menggiurkan tapi ternyata enak juga rasanya, apalagi yang isian keju blueberry. Perpaduan rasa manis, asin dan asam melebur di lidah membuat saya nambah juga. Alhamdulillah begitupun dengan Kak Shofi juga suka dengan roti tawar goreng isi yang saya buat. Mudahan berkah buat Kak Shofi karena dibuatnya dengan bismillah dan penuh cinta.. 😄

#WritingForNation
#W4N
#MenulisAsyik
#MetodeROIS

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentarmu disini, maka aku akan berkunjung ke tempatmu... ^o^

Picture

Picture