Aquascape Pak Suami

Bismillah

"Aduuuhhhh!!"

Yap, pagi-pagi dihebohkan suara suami yang terkejut, kecewa juga sedih yang terasa dari nada suaranya. Saya yang sibuk wara wiri dari subuh, menyiapkan sarapan dan menyiapkan air mandi hangat anak-anak, terpaksa menghentikan aktivitas sejenak. Kemudian saya pun mendatangi arah suami dari ruang tamu.

"Ada apa bi?"

"Ikan-ikannya mati."

"Haa! Kok bisa bi? Berapa ekor yang mati?"

"Dua ekor, yang paling gede dan yang paling kecil."

"Oalaaah, kasiaann." Mata saya celingukan nyari ikan yang ternyata sudah mengambang diatas air dibalik tanaman air yang lebat.

"Ini alatnya gak jalan lagi, gara-gara mati lampu kemarin. Jadi, ikan-ikannya kekurangan oksigen kayaknya." Suami nunjukin alat berwarna hitam yang nempel di dinding aquascape mininya, yang saya gak tau namanya.

"Oh iya ya, mati lampunya hampir seharian, mana panas banget cuacanya kemarin itu".

"Eh, panteslah bi, tadi subuh keluar kamar kok rumah kayak bau-bau gak enak gitu, kira ummi itu karena bau air parit dibelakang rumah yang naik setelah turun hujan semalam, makanya baunya naik ke rumah. Oh rupanya bau ikan abi yang mati."

Lalu terpecahkanlah misteri bau-bauan di subuh hari itu yang sumbernya ternyata dari ikan-ikan yang mati di dalam aquascape mini punya suami.

Saya pun lanjut menyelesaikan aktivitas saya yang sempat terhenti meninggalkan suami yang juga langsung berbenah. Ia mengeluarkan ikan-ikan yang mati dari aquascape, mengambil air dari kamar mandi dan memasukkan air ke dalam alat berwarna hitam yang fungsinya menambahkan oksigen di dalam air, supaya alat itu bisa bekerja lagi.

Lalu, suami bolak balik dari dapur ke ruang tamu. Rupanya ia sekalian membereskan isi dalam aquascape mininya. Kenapa mini? ya soalny kalau mau beli yang gede lalu kemudian bingung mau naroh dimana, secara rumah kami mini juga, hehee.

Bagi pencinta ikan hias, sekarang lagi musimnya orang memelihara ikan itu di dalam akuarium, baik besar atau kecil. Tapi yang berbeda adalah ini bukan hanya sekedar akuarium tapi ini namanya aquascape. Aquascape ini tidak hanya berisi ikan-ikan saja tapi juga dihiasi dengan berbagai pernak pernik seperti pasir halus dan batu-batuan kecil sebagai dasarnya, serta tanaman airnya itu asli lho bukan palsu. Ikan-ikan hiasnya tidak harus besar, cukup kecil-kecil saja tapi menarik. Beberapa kali sudah penghuni aquascape itu banyak yang mati, dari ikan badut atau sering disebut ikan nemo, lalu ikan gupi, dan ikan-ikan hias lainnya. Sebenarnya saya sendiri kasian sama ikan-ikan ini, kok gak bosan gitu hidupnya berenang bolak balik di akuarium sekecil itu, lalu karena banyak faktor akhirnya mati. Tapi namanya suami hobi pelihara ikan, yah saya taunya ngasi makan ikan-ikan aja kalau pas suami lagi dinas keluar kota.

Dan, beberapa kali juga suami percobaan membuat aquascape mini dengan menaburkan bibit-bibit tanaman diatas media tanam sebelum kemudian kalau sudah tumbuh tanaman-tanaman kecil baru di isi air dan ikan, tapi belum pernah berhasil. Yang ada bibit-bibit itu setengahnya tidak bertunas, dan yang setengah lagi bagai tanaman yang hidup segan mati tak mau. Tapi karena terlanjur keluar modal yang lumayan menguras isi dompet tetep sama si suami dijadiin aja aquascapenya. Tidak putus akal sama suami aquascape yang sudah ditumbuhi tanaman kecil tapi jarang-jarang tumbuhnya itu ditambahi dengan potongan kayu kecil beranting dan tanaman air yang sudah agak besar lantas dimasukkan kedalam net pot. Dan jadi juga itu aquascape yang seada-adanya itu.

Karena ukuran rumah kami yang mini, suami hanya bisa beli aquascape ukuran kecil. Aquascapenya ada dua, yang kecil dan yang ukuran sedang. Yang ukuran sedang diisi dengan ikan hias kecil berwarna warni dan sifatnya rada-rada kalem, pas dikasi makan juga mangapny kalem-kalem. Nah, yang aquascape kecil diisi sama satu ikan cupang berwarna hitam dan ekornya berwarna merah. Nggak ada temannya, karena kalau digabung sama ikan lain, matilah ikan yang lain diadu sama si ikan cupang ini. Eh, ujung-ujungnya mati juga nih ikan cupang, mungkin sudah bosan menjomblo lantas mengakhiri hidupnya sendiri. Duh, kejamnya hidup ini.

Adanya aquascape ini cukup jadi hiburan tersendiri buat orang di rumah. Suara gemericik dari alat penyaring airnya bikin hati lumayan tenang. Kalau anak nangis tinggal di hibur dengan melihat ikan-ikan hias kecil berenang ke sana kemari. Nah, kalau saya lagi baper lalu lihatin ikan-ikan juga gitu? Nggaklah, saya kalau lagi baper mah nyari stock camilan di kulkas, hehe..

#WritingForNation
#W4N
#MenulisAsyik
#MetodeROIS

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentarmu disini, maka aku akan berkunjung ke tempatmu... ^o^

Picture

Picture