Mie Tiaw Goreng Asuk ala Mak Eti

Bismillah

Di hari Jumat pagi yang lalu saya belanja dapur ke warung Bude, karena mau masakin suami yang pulang dinas dari luar kota juga sekalian menuhin stok lauk pauk dan sayuran di kulkas yang tinggal sedikit. Pas lagi asik memilih-milih sayuran di atas meja, mata saya tertuju pada beberapa bungkus mie tiaw. Saya bolak balik mencari label halalnya. Alhamdulillah, ternyata ada label halal MUI-nya. Lalu saya ambil dua bungkus. Saya terpikir besok harinya mau buat mie tiaw goreng buat kak shofi dan suami. Sesampainya di rumah dua bungkus mie tiaw itu saya masukkan ke dalam kulkas di bagian paling bawah. Lalu saya mulai memisahkan segala belanjaan sesuai kodratnya masing-masing 😀

Saya ini tipe yang gak suka masak yang riweh-riweh. Sukanya masak yang praktis-praktis aja. Malah cenderung malas. Jangan ditiru ya bu ibu.. 😅 Kalau masak sayur suka di tumis-tumis aja, tempe tahu ayam ikan ya di goreng-goreng aja. Alhamdulillah punya suami juga gak susah makan, apa yang dihidangkan itu yang di santap. Kalau mau makan makanan kaya akan bumbu-bumbu tinggal makan di luar atau beli dari luar bawa ke rumah atau lauk pauk dan sayuran itu akan saya bawa langsung ke ahlinya masak memasak, Mak Eti. hahaa..

Apalagi setelah melahirkan saya gak bisa ke pasar pagi, karena gak ada yang jagain si adek bayi, dan kak shofi juga gak mungkin di tinggal berdua dengan adeknya. Jadi biasanya Mak Eti lah yang bantuin saya belanja keperluan dapur sekaligus kalau saya pengen masakan berbumbu beliau yang rajin masakin. Mak eti ini kakak saya, asal makan masakan beliau gak cukup makan sepiring, pasti bakalan nambah. Pokoknya bakal gagal diet. Saya pun gak berencana untuk diet. Diet itu cuma di mulut aja, tapi hati tidak. 😁

Balik lagi ke cerita mie tiaw. Sampai beberapa hari terlewat rencana saya yang mau bikinin suami dan kak shofi mie tiaw gak terealisasi. Tapi mie tiaw goreng asuk ini masiiih aja terbayang-bayang di pelupuk mata. Eh pas kebetulan kemarin Mak Eti datang ke rumah bawa kelambu pintu, ya udah sekalian saya nitip dua bungkus mie tiaw itu ke beliau untuk minta dibikinin mie tiaw goreng asuk.

Mak eti ini bisa banget bikin mie tiaw goreng asuk yang rasanya persis kayak yang dijual di Singkawang sana. Jadi kalau rindu makan mie tiaw goreng asuk tapi gak bisa pulang tinggal melipir aja ke rumah Mak Eti terus bawain bahan-bahan mentahnya.

Orang Singkawang gak ada yang gak tau sama mie tiaw goreng asuk. Makanan ini sangat khas baik rasa, tekstur dan baunya. Biasanya mie tiaw goreng itu pake sawi. Nah, keistimewaan dari mie tiaw goreng asuk ini sawinya di ganti dengan cangkok manis, ini yang bikin baunya rada-rada beda. Belum lagi telur yang di orak arik agak gosong dan toge yang berlimpah. Mie tiaw goreng asuk yang uapnya masih mengebul di tambah perasaan jeruk kecil, di tambah sambal kaisar, uuuaaahhhhh gak tahan rasanya. Tapi berhubung saya masih menyusui, dan saya pun gak ada stok sambal kaisar (saya gak tahan pedas), adanya sambal abc aja 😝, jadi teteplah yaa pake dikiiit aja sambalny, yang penting ada pedas-pedasnya gitu. Nah siapa yang gak ngeces bayangin mie tiaw goreng asuk ini?

Ini mie tiawnya dimasukkan ke dalam wadah yang segede-gede gitu, yakin gak saya bisa ngabisinnya dalam satu waktu? Yakin ajalah yaa. Mana bisa coba makan enak kayak gini disisain buat nanti-nanti. Tapi ini saya gak ngabisinnya sendirian kok, ada kak shofi yang bolak balik mulutnya mangap minta disuapin. 😄 Alhamdulillah ya kak shofi, rezeki makan siang ini kita dibuatin mie tiaw goreng asuk buatan Mak eti yang maknyoss n lazizzz... 😘😘

#PesantrenBundaSolehah
#MenulisAsyik
#MenulisDenganHati
#MetodeRois
#WritingforNation
#W4N

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komentarmu disini, maka aku akan berkunjung ke tempatmu... ^o^

Picture

Picture