Waktu Produktif Orang Dewasa Muda Memang Justru di Malam Hari



Menurut Dr. Andreas Prasadja, seorang Sleep Scientist, banyak yang menyalah artikan kesulitan tidur di malam hari sebagai insomnia. Padahal, indikasi insomnia atau gangguan tidur justru terlihat saat seorang terjaga. Jika seseorang tidak nyaman saat bangun tidur, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, atau mengantuk berlebihan, berarti dia mengalami insomnia. Kalau seseorang terjaga sepanjang malam, tapi tak bisa tidur nyenyak di waktu lain, dia tidak menderita insomnia. 
Perbedaan waktu tidur dikarenakan jam biologis manusia yang berbeda-beda. Makin bertambahnya usia, kebutuhan jam tidur akan makin menurun. Usia 30 tahun ke atas butuh maksimal 8 jam tidur. Sedangkan orang dewasa muda membutuhkan waktu tidur 8-9,5 jam, dan waktu produktif mereka adalah malam hari.

Sayangnya, hal ini terbentur ritme kehidupan yang mengharuskan kebanyakan orang untuk mulai beraktivitas di pagi hari sampai malam. Yang bekerja di pusat kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Makassar terpaksa mengorbankan waktu tidur karena harus berangkat subuh dari rumah dan pulang ke rumah larut malam.   Akibatnya, banyak orang usia produktif yang mengalami kekurangan tidur atau sleep deprivation. Masalahnya, tidak ada satupun obat yang dapat menggantikan manfaat tidur.
Kekurangan tidur berdampak pada 3 hal. Pertama, memperlemah kinerja otak dan menurunkan kemampuan kognitif. Banyak orang yang ingin meningkatkan produktivitas dengan mengurangi jam tidur (lembur). Padahal, tindakan ini justru kontraproduktif. Dalam kondisi kurang tidur, orang akan cenderung susah konsentrasi dan tidak teliti. Kedua, kesehatan. Tidur yang cukup terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Ketiga, keselamatan. Terbukti banyak sekali kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat si pengemudinya mengantuk. 
Artikel ini saya sadur dari salah satu majalah ternama di Indonesia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Nurmayanti Zain mengatakan...

wow ^___^

pantesan begadang, hahahaha :D

airimaruru mengatakan...

begadang jangan begadaaaaanggg, kalau tiada artinyaaa hahahaaa ^^

Posting Komentar

tinggalkan komentarmu disini, maka aku akan berkunjung ke tempatmu... ^o^

Picture

Picture