Kaktus Ku Sayang, Kaktus Ku Malang

Assalamu'alaikum wr wb.
Alhamdulilllah masih diberikan nafas untuk melanjutkan hidup di hari ini. Thanks to Allah SWT. ^o^
Yup! Seharusnya tadi pagi atau siang saya menuangkan cerita saya di lahan ini. Tapi berhubung harus bersih-besih dan berkemas-kemas, jadinya cuma sempat sekarang ini. Siangnya saya malah leyeh-leyeh di kamar sambil baca buku sampai ketiduran, hehee (really muka bantal). Ini namanya pelampiasan loh ya, seminggu kerja nggak tidur siang, ya saya puaskan di hari libur, apalagi weekendnya looooongggg banget, hehehee.
Back to story yah.
Bangun kesiangan (jangan ditiru pleassee), alhasil kepala mumet dan jantung saya makin kuat berdebar. Duduk dipinggiran kasur, pikiran yang pertama muncul, saya mau makan apa ya? Habis itu mau ngapain dulu nih enaknya? Mikir, mikir, dan miiikiirrr, ujungnya ya pake rutinitas liburan yang biasa aja. Beresin barang yang nggak pada tempatnya, nyapu-nyapu, ngepel, nyuci piring yang Alhamdulillah nggak banyak, terus terakhir pakaian satu minggu yang bejibun banyaknya (pleaaaseeee jangan ditiru).
Pas lagi asyik-asyiknya nyapu bagian teras rumah, mata saya bertubrukan sama pot disudut halaman dekat jendela kamar kakak saya. Seketika saya mewek-mewekan alias nangis kejer T.T . Kaktus yang sudah saya tanam sejak kuliah mengering sekering-keringnya alias mati dengan sukses. Sedangkan temannya yang satu lagi masih gagah-gagah aja tuh (kaktus yang satunya punya kakak saya). Mungkinkah akibat keasyikan kerja jadinya saya sampe lupa untuk ngerawat kaktus saya satu-satunya ini? Merasa bersalah sekali, biasanya nggak pernah saya taruh potnya ditanah, pasti saya naruhnya diteras yang nggak kena air, apalagi dengan intensitas hujan di bulan Desember yang berlebihan begini, kaktus kan paling nggak tahan sama air yang banyak, makanya cepat layu dan membusuk. Beneran sedih liat nasibnya, nggak-nggak lagi deh nelantarin kaktus. Lain kali kalau nanem yang baru bakalan dirawat baik-baik.
Ini catatan buat saya juga buat temen-temen yang mau melihara dan merawat tanaman kaktus:
  1. Taman kaktus harus diangin- anginkan selama tiga hari sekali agar tidak lembab. Bila tanaman kaktus ini disimpan di dalam ruangan, akan membuat kaktus menjadi lembab lama kelamaan kaktus akan mati secara perlahan – lahan. Dan jika, tanaman kaktus masih dapat sinar matahari anda tidak perlu mengangin- anginkannya lagi.
  2. Tidak boleh menjemur tanaman kaktus langsung dibawah sinar matahari. Jika terkena sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan tanaman kaktus anda terbakar, cirri –ciri tanaman kaktus terbakar adalah ujungnya berwarna cokelat dan kehitaman.
  3. Tanaman kaktus tidak boleh disiram setiap hari karena akan menyebabkan kaktus menjadi lembab.Sebaiknya disiram dua kali seminggu dengan menggunakan spray. Ciri tanaman kaktus yang lembab adalah ujung kaktus akan terasa lembek.
  4. Kaktus juga harus diberi pupuk terutama pupuk NPK, bisa anda beli sama pedagang bunga.Cara memberi pupuk pada kaktus, anda masukkan pupuk kedalam tanah, setelah itu anda timbun kembali agar pupuk tidak menguap dan khasiatnya maksimal. 
Saya dapetin tips ini dari sini pas searching bagaimana sebaiknya merawat tanaman kaktus.
Pleaseeee jangan ditiru kecerobohan saya ini yaa.. Karena sesungguhnya ini adalah perbuatan dzalim terhadap tanaman, kalau mau punya tanaman, harus tau juga bagaimana cara merawat tanaman itu. Berkaca pada kesalahan saya ini, harap sayangi dan cintai tanaman dan tumbuhan disekitar kita ini. 
Mumpung lagi liburan mau hunting kaktus lucu-lucu ah, hehee dan harus mengingatkan diri nggak boleh menelantarkan tanaman lagi. (promise)
Sekian, terima kasih dan Wassalam..^o^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

Mixer Blog mengatakan...

thanks ya sangat bermanfaat :) kunjungan perdana !

Nurmayanti Zain mengatakan...

Jadi kepengen punya kaktus nih, tia!

airimaruru mengatakan...

Makasih yaa dah maen ke lapak saya,,, salam kenal ^o^

airimaruru mengatakan...

Nuy ^o^ woalaaaa kangennyaaa,,, :*
ayok nuy mulai bertanam kaktus, asal peliharanya baik kaktusnya bakal aman2 aja.. heuheuu :D
Sekarangkan dah banyak jenis-jenis kaktus yang lucu2 :)

Posting Komentar

tinggalkan komentarmu disini, maka aku akan berkunjung ke tempatmu... ^o^

Picture

Picture